DALAM beberapa bulan terakhir dunia termasuk Indonesia dilanda wabah Covid-19 dan menginfeksi jutaan orang. Pemerintah terus berupaya keras untuk mengatasinya dengan berbagai cara.

Protokol kesehatan new normalUntuk itu, masyarakat luas dihimbau juga turut serta membantu agar penyebaran virus tersebut tidak terus meluas dengan berdisiplin mematuhi semua anjuran pemerintah dan melaksanakan protokol kesehatan.

Berikut ini ada beberapa protokol kesehatan yang harus dilakukan dalam upaya mencegah penularan virus tersebut lebih jauh dan menghadapi kenormalan baru (new normal) yang dicanangkan pemerintah dalam beraktivitas sehari-hari.

a. Mencuci tangan: lakukan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir, bila memungkinkan. Ada baiknya dalam perjalanan membawa serta hand sanitizer bila sewaktu-waktu diperlukan atau di tempat tujuan tidak tersedia sabun dan air mengalir.

b) Hindari menyentuh wajah: termasuk mata, hidung dan mulut ketika tangan masih kotor atau belum dicuci. Ada kemungkinan tangan membawa virus ketika beraktivitas.

c) Lakukan etika batuk dan bersin: dengan cara menutup mulut dan hidung menggunakan lengan atas bagian dalam.

d) Jangan lupa menggunakan masker: ketika keluar rumah atau beraktivitas di luar rumah dengan orang lain.

e) Menjaga jarak sosial: guna menghindari paparan virus Covid-19, usahakan menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter terutama di tempat-tempat umum. Duduk di kursi antrian yang tidak bertanda silang dan antri pada area bertanda yang dianjurkan.

f) Menjaga kesehatan secara umum: konsumsi makanan bergizi sesuai kemampuan, berolah raga serta beristirahat yang cukup.

Bila diperlukan, ada baiknya juga kita mengonsumsi vitamin C secukupnya karena berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. (Image by Freepik)